Pages

Rabu, 03 Agustus 2011

En En Flanel collection sedang belajar jalan

bismillahirrohmanirrohim.

aku sedang merintis usaha kecil-kecilan.

usaha kerajinan kain flanel, atau di sebut juga kain felt.

ceritanya,,,

aku dan seorang temenku ne lagi pengen kerja buat bisa punya penghasilan sendiri. waktu itu kuliah lagi libur panjang. tiga bulan. hmmm, sayang sekali kalo waktu selama itu cuma di pake makan tidur, makan tidur. nah, kita berdua berinisiatif buat kerja. apa saja. nyari-nyari lowongan dhe.


dari sekian lowongan kebanyakan syaratnya kudu punya trasport sendiri, kita berdua di kost gag ada thu. udah gthu malem-malem pula pulangnya.

ah, aku gag biasa naik angkot malem-malem. sendiri pula.

temenku juga ternyata berpikiran begitu. di tambah lagi kalo sudah masuk kuliah sambil kerja tiap malem takut kecapekan.

nah, kebetulan kami berdua sama-sama suka kerajinan tangan. terbesitlah ide. ahaaa, kenapa gag bikin usaha kerajinan sendiri aja? kita bisa kerja kapan saja, gag harus keluar rumah. betul, betul, betul. di pikir di pikir di pikir, kerajinan apa yang seru, gag bosenin, berpeluang besar di kalangan mahasiswa, gag ribet dan modalnya gag besar (modal jadi peritungan juga, soalnya kita modal pake uang sendiri). nah, Flanel. usaha kain Flanel inilah buah perenungan kami :D.

akhirnya, kami patungan buat beli bahan-bahan pembuatan. jujur, kita belum pernah kursus menjahit atau membuat kain flanel sebelumnya. kita lihat contoh-contoh di internet. kita modifikasi. awal-awal jahit ne, duh engga banget dhe. jahitanya sama sekali gag rapi. asli. berantakaaaaaaaaaaaaaan sangat. maklum se, karena mank dasarnya gag pernah latian. tapi tak apa, kami tetep belajar sambil jalan aja.

setelah hampir dua bulan kami berkutat dengan jarum, benang dan kain. hasil jahitan kami semakin rapi lhoo, trus sudah mulai bisa bikin variasi-variasi barang produksi. ah, senangnyaaaaa. hahhhaaa.

dari mulai proses pemotongan pola, menjahit, desain, kombinasi, pemasangan pernak pernik semua dilakukan dengan tangan. tanpa mesin sama sekali. prosess pembuatanya gag terlalu sulit, asal telaten dan ikhlas (kalo ngerjain sambil hati ngedumel hasilnya suka jelek, dan inspirasi gag keluar). alhamdulillah, produksi kami diterima di pasaran. yaah, masih dalam lingkup yang sangat kecil se. kami juga sudah dua kali mengirim barang produksi ke indramayu. ah, rasanya seneng aja gthu barang kita jalan-jalan keluar kota (aku aja belum pernah menginjakkan kaki disana. huhhhuhu). target pasaran kami gag cuma di area surabaya dan sekitarnya, semua daerah di indonesia harusnya. sukur-sukur ke luar negeri. amin.

barang produksi yang kami buat bermacam-macam. gantungan kunci, gantungan Hp, bros, tempat pensil, magnet lemari es, tempat tissue, aneka hiasan, penutup lemari es, dan juga bisa menghias kain polos lho.

apa aja sesuai pesanan, kami akan usahakan bisa. menerima tantangan menjadi peluang. semua model, bentuk, ukuran dan warna bisa di pesan. jadi, limited edition.

meski baru hampir dua bulan berjalan, kami sudah optimis untuk menjalankan usaha ini. sampai nanti menjadi rumah produksi Flanel yang besar dan memiliki banyak karyawan.

senang sekali pasti kalo bisa mengajak orang-orang bergabung dan bekerja sama. memberi lapangan kerja untuk orang lain. yaaa, sedikit mengurangi tingkat pengangguran dann kemiskinan di indonesia. gag muluk-muluk dan banyak janji. yang real saja.

harapanya, semoga kelak usaha kami ini benar-benar eksis, memberi manfaat gag cuma buat saya dan teman saya tapi juga untuk banyak orang.

amin.
________________________________________

semangaaaaaaaaaaaaaaaaat.

0 komentar:

Posting Komentar