Pages

Kamis, 04 Agustus 2011

TIPS CEPAT MENGKHATAMKAN AL-QUR'AN


Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (pertama kali) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil) (Q.S Al-Baqarah : 185)

Semalam saya mendapatkan sms dari teman saya tentang cara mengkhatamkan al-quran baik dibulan ramadhan maupun dibulan-bulan yang lainnya. Mengkhatam itu sendiri artinya menamatkan, menyelesaikan bacaan alquran atau mengaji. Cara mengkhatam al-quran dibulan ramadhan




Saya rasa informasi ini yang baik untuk saya sampaikan kembali ke teman-teman blogger saya yang muslim di dunia maya. berikut ini adalah caranya :

* Alquran terdiri sekitar 600 halaman.
* Jika dibagi 30 hari menjadi 20 halaman/hari.
* Sepertinya susah, tapi kalau dibagi dalam sholat fardhu insya allah menjadi lebih mudah.
* Berarti 20 halaman dibagi 5 waktu shalat manjadi 4 halaman per waktu shalat.

Kabar Gembira

* Rasulullah saw. bersabda dalam sebuah hadits shahih : “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi yang membacanya.” HR Muslim.
* Beliau juga bersabda, “Bacalah oleh kalian Az-Zahrawayain, yaitu surat Al-Baqarah dan surat Ali-Imran, karena sesungguhnya kedua surat itu akan datang seperti dua gumpalan awan, atau seperti dua belukar hutan, atau seperti dua kawanan burung yang berbulu tebal untuk menaungi pembacanya di hari kiamat.” HR Muslim dan Ahmad.
* Dalam hadits shahih yang lain, Rasulullah saw. pernah menyimak bacaannya Abu Musa ra., kemudian beliau berkata kepadanya : “Seandainya engkau melihatku ketika aku mendengarkan bacaanmu tadi malam, sungguh aku merasa tengah mendengar satu seruling di antara seruling-seruling keluarga Dawud.” Abu Musa menjawab, “Seandainya aku tahu engkau mendengarkan becaanku tadi malam, tentu akan aku perindah bacaanku untukmu.”

Ya Allah…
Sayangilah kami dengan Al-Qur’an
Jadikanlah ia sebagai imam, hidayah dan rahmat bagi kami..
Ingatkanlah apa yang kami lupa dari Al-Qur’an, dan ajarilah apa yang belum kami ketahui..
Berilah kami kemampuan utk selalu membacanya siang dan malam

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman dan anda semua…aamiin

Referensi
http://ri32.wordpress.com/2011/07/29/cara-mengkhatam-al-quran-dibulan-ramadhan/

0 komentar:

Posting Komentar